Upaya Peningkatan Hasil Belajar Dengan Pendekatan CRT dan Model Cooperative Learning Materi Staistika Kelas X
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X dengan menerapkan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dan model Cooperative Learning pada materi statistika. Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dibagi menjadi 2 siklus, dengan setiap siklus melaksanakan 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X.3 SMAN Arjasa tahun ajaran 2024/2025. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan standar ketuntasan ≥70. Pada tahap pra siklus persentase ketuntasan sebesar 61% dan nilai rata-rata hasil belajar sebesar 67,65, kemudian dilanjutkan pada tahap siklus I dengan presentase ketuntasan 75% dan nilai rata-rata hasil belajar 71,19, dan pada tahap siklus II memperoleh presentase ketuntasan 86% dan nilai rata-rata hasil belajar 77,42. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian ini berhasil dan penerapan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dan model Cooperative Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMAN Arjasa pada mata pelajaran statistika.
Keywords: Culturally Responsive Teaching(CRT); Cooperative Learning; Hasil Belajar; Statistika
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hanuf Bella Irawati Hanuf Bella Irawati, Hana Puspita Eka Firdaus

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.