Upaya Peningkatan Hasil Belajar Dengan Pendekatan CRT dan Model Cooperative Learning Materi Staistika Kelas X

Authors

  • Hanuf Bella Irawati Hanuf Bella Irawati Universitas Muhammaiyah Jember
  • Hana Puspita Eka Firdaus

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X dengan menerapkan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dan model Cooperative Learning pada materi statistika. Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)  dibagi menjadi 2 siklus, dengan setiap siklus melaksanakan 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X.3 SMAN Arjasa tahun ajaran 2024/2025. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan standar ketuntasan ≥70. Pada tahap pra siklus persentase ketuntasan sebesar 61% dan nilai rata-rata hasil belajar sebesar 67,65, kemudian dilanjutkan pada tahap siklus I dengan presentase ketuntasan 75% dan nilai rata-rata hasil belajar 71,19, dan pada tahap siklus II memperoleh presentase ketuntasan 86% dan nilai rata-rata hasil belajar 77,42. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian ini berhasil dan penerapan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dan model Cooperative Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMAN Arjasa pada mata pelajaran statistika.

Keywords: Culturally  Responsive  Teaching(CRT); Cooperative Learning; Hasil Belajar; Statistika

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-08-15