Peningkatan Hasil Belajar Materi Statistika Siswa Kelas X melalui Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching Berbasis Google Sites
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penerapan model Problem Based Learning (PBL) yang terintegrasi dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) berbasis Google Sites dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada materi statistika. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta analisis refleksi. Penelitian ini bertempat di SMA Negeri 1 Arjasa dengan subjek penelitian sebanyak 35 peserta didik. Kesimpulan yang dapat diperoleh dari penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terintegrasi pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) berbasis google sites efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas X-4 SMA Negeri 1 Arjasa Semester Genap Tahun Pembelajaran 2024/2025.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Virgalita Agustin, Christine Wulandari Suryaningrum

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.